Tuesday, November 11, 2014

Pas Giri Putus, Wajahnya Mirip Spirtus

Suatu sore di hari Kamis, cuaca sedang terik-teriknya. Ketika itu Aldi berlari dengan cepat di depan warungnya Mas Jawa. Aldi berhenti sebentar disana, “Mas, beli rokok setengah bungkus!”
“Rokok apa, Al?” Saut Mas Jawa, kalem.
“Hihihi…” Aldi nyengir.
“Kok nyengir, Al?”
“Lupa.”
Kemudian Aldi lari lagi, pulang ke rumahnya. Setelah sampai rumah. Aldi buru-buru nanya sama Bokapnya, soal rokok apa yang mau dibeli.
Di tikungan maut deket kontrakan Bu Siti, Aldi hampir kepleset, karena larinya terlalu kenceng. Tapi ternyata disana ada Kekey. Aldi langsung mendelik spontan, “Booking lapangan futsal, lah!”
Buat kapan?” Kekey menjawab singkat.
“Buat Minggu!”
“Oke, infoin yang lain aja, Al!”
“Gampang itu mah!” Aldi lagi-lagi nyengir, terus nyelonong ke lapangan futsal. Sampe-sampe dia lupa, kalo tadi bokapnya nyuruh dia buat beliin rokok. Mampus, siap-siap aja Aldi kena damprat bokapnya!

***

Di lain tempat, Giri masih asik megang handphone Nokia-nya. Tiap kali hapenya bergetar, Giri selalu senyum bahagia. Beginilah kalo seorang anak muda sedang diselimuti oleh rasa cinta. Tiap hari bawaannya seneng terus. Hihihi…
Tak berapa lama kemudian, hapenya Giri kembali bergetar. Kali ini getarannya sangat panjang. Ternyata ada satu panggilan. Wajah Giri tampak lebih bersinar, lebih bercahaya, dan lebih memesona. Dengan raut wajah yang sangat ceria, Giri berkata mantap, “WAH, ADA PANGGILAN! INI PASTI DARI ADINDA! ADINDAKU TERCINTA!”

Tanpa melihat nomor yang tertera, Giri langsung memilih opsi ‘jawab’ pada layar hapenya.
“Hai, Adindaku tersayang.. Kamu tumben-tumbenan nelfon aku? Kangen ya? Ih, pacarku kangenan banget sih. Tapi tenang, kamu jangan takut, aku juga kangen kok sama kamu. Pernah denger kan, kalo seorang Arjuna itu memiliki rasa cinta yang sangat kuat untuk pasangannya? Begitulah aku. Aku siap menjadi Arjunamu, kapanpun kamu mau, sayang. Karena bagiku, masa depanku akan menarik, jika ada kamu di sampingku. I love you so much. Pokoknya much much-nya so ngalapyu deh..” Giri nyerocos panjang lebar.

        Tapi tak ada jawaban, hanya ada keheningan. Makanya Giri sampe heran, “Hallo? Adinda? Kok diem aja? Jaringannya jelek ya? Atau nggak ada sinyal sama sekali? Plis, jawab……”
        Kresek.. kresek.. kresek.. sepertinya sudah mulai ada suara disana, Giri senyum-senyum sendiri, nggak sabar buat ngedenger suaranya Adinda yang katanya seksi itu.
“Hallo? Hallo? Hallo, Gir? Ini gue Aldi. Jangan lupa, hari Minggu futsal. Jam 10 siang. Oke?”
Giri melongo. Matanya melotot ke arah langit-langit. Dia kaget setengah mati setelah tau kalo panggilan itu bukan berasal dari Adinda sang pujaan hati, melainkan dari Aldi, si cowok yang dari tadi nggak jelas tujuannya.
“Hallo, Gir! Lain kali jangan panggil gue Adinda lagi ya. Nggak enak kalo di denger orang lain. Malu. Hihihi.. Oke?”
“Iya, oke.”

“Oke?”

“IYA, OKE!!!”

“Oke?”

“MATI AJA LO, AL!” Giri ngebanting hapenya.

***

Jum’at malam, Ian masih asik duduk di teras rumah, sembari membaca novel favoritenya, novel karangan Hilman Hariwijaya, Lupus. Saat itu ada dua anak yang dateng, dua anak yang sejak tahun 2008 nggak bisa dipisahkan kebersamaannya. Dia adalah Erik, dan Giri.

“Eh, ayolah ngumpul!” Kata Erik, “Di rumah Gatot kayaknya rame!”

Giri nggak ngejawab, masih asik nyengir-nyengir sambil SMS-an.

“Eh, sempak! Pacaran mulu. Ntar kalo galau aja, balik lagi ke kita-kita. Udah, bilang aja ke Adinda, kalo lo udah tidur!” Erik nyerocos tepat di samping kuping Giri.
Giri kaget setengah mati.
“Anjing!” teriak Giri, “Budeg kuping gue, bego!”

“Rasain!”

Ian yang lagi khidmat baca novel, jadi keganggu sama dua anak barusan, tanpa basa-basi, Ian langsung pergi ke luar rumah, “Ebuset! Pada ngapain sih? Berisik amat! Eh, iya.. futsal gimana? Jadi?”

Giri menatap Ian tajam, “Hah? Emang kita mau futsal? Seriusan?”
“Iya! Emang kenapa, Gir?”
“Nggak apa-apa, masalahnya Giri mau ngajak si Adinda buat nonton futsal. Lumayan kan, bisa didukung sama pacar! Hehehehe..”
Giri masang muka sange, Erik cemberut. Aldi masturbasi.

***

        Sabtu paginya, Giri terlihat sangat gembira. Sepanjang jalan Banteng, ia menyanyikan lagu Setia Band, yang berjudul Puspa. “Putuskanlah saja pacarmuuu~ lalu bilang I love you~ padakuuuu~”
        Ketika itu ada pria berbadan tinggi yang melintas di hadapan Giri, dengan wajah super lugu, pria itu berkata mantap, “Gir, jangan lupa ya, besok futsal, jam 10 siang!”
        Giri mendelik ke arah pria itu, “ANJRIT, ALDI LAGI, ALDI LAGI. PECAH PALA LO, AL. PECAH!”
        “Hehehehe..” Aldi nyengir kuda.
        “Ngapa lo nyengir? Ngerasa imut? Kagak sama sekali!”
        “Oh, iya, Gir. Ada yang mau gue omongin nih sama lo. Penting!”
        “Apaan, Al?” Giri penasaran.
        “Jadi gini…”
        “Iya, kenapa?”
        “Gini, Gir. Kata Kekey sama Ian, besok futsal, jam 10 siang, di Alba. Oke?”
        “Anjing lo, Al!” Giri membalasnya ketus.

***

        Malam itu, cuaca sangat dingin. Gatot masih asik main Call of Duty di rental PS3 pengkolan Opan. Kemudian terdengar suara ringtone BBM dari handphone Advan-nya. Kling! Kling!
        Gatot membuka notif BBM dengan ragu. Ternyata BBM itu dari pacarnya sendiri, Hanny.
        “Sayang, ini kan malem Minggu. Kamu nggak main ke rumah aku?” begitu isi BBM-nya.
        Gatot membalasnya dengan cepat, “Males ah, tiap main ke rumah kamu, selalu disuguhin pake tempe mendoan. Udah gitu beli satu, buat dimakan bertiga lagi. aku, kamu, sama ayahmu.”
        Kling! Hanny sergap membalas BBM barusan, “Ah, sayaaaaang.. yang penting kan kita bisa makan tempe mendoan, sambil pelukan. Seru lho. Emang kamu nggak pengen?”
        “Nggak! Udah ah, aku pengen tidur!” Gatot membalasnya ketus. Kemudian menon-aktifkan hapenya dan melanjutkan game barusan.
        Di tengah-tengah keseruannya bermain game, tiba-tiba ada pria botak yang menyembulkan kepalanya di depan jendela, ternyata si Aldi, “Tot, besok futsal ya, jam 10 siang. Oke?”
        Gatot mendelik ke arah Aldi, lalu mengangguk tanpa ekspresi.

***

        Malem Minggu, malem terakhir sebelum futsal. Giri memasang wajah datar. Kejelekan wajahnya semakin menjadi-jadi.
        Ian, yang saat itu sedang bersama Erik, mulai mempertanyakan penyebab bertambah jeleknya wajah Giri, “Gir, sehat? Tu muka ngapa jelek banget, dah?”
        “Giri nggak sanggup..” Jawab Giri lesu.
        “Nggak sanggup? Kenapa harus nggak sanggup? Orang tua lo cerai?” Erik menyanggah.
        “Bego! Bukan, lah!”
        “Terus kenapa, Gir? Cerita aja sini..” Ian makin penasaran, kemudian melepas kacamatanya.
        “Giri putus,” Jawab Giri datar.
        “APAAN?”
        “GIRI PUTUS!”
        “Hah? Elo putus, Gir?”
        “Iya.”
        “Berarti pas futsal besok, lo nggak jadi ngajak pacar, dong?”
        “Iya.”
        “Berarti lo jomblo dong?”
        “Iya.”
        “Berarti elo….”
        Belum kelar Erik ngeledek, Giri kemudian memotongnya dengan cepat, “Udah ah! Kesel gue, gini amat ya pacaran? Tau gitu mendingan gak usah pacaran deh! Jadi homo sekalian..”

        Erik masang muka nyeleneh, kemudian tertawa terbahak-bahak, “HAHAHAHA DEMI TUHAN! PAS GIRI PUTUS, WAJAHNYA MIRIP SPIRTUS!”

No comments:

Post a Comment